Tips bagaimana cara menjadi fotografer profesional

Menjadi seorang fotografer adalah keahlian yang banyak diminati saat ini oleh kaum milenial, mulai dari yang hobi fotografi, sampai yang menjadikan fotografi sebagai profesi untuk mencari nafkah sebagai photographer profesiona. Bagi kamu yang ingin memulainya, berikut beberapa tips bagaimana cara menjadi fotografer profesional.

Tips menjadi fotografer

1. Memahami basic fotografi

Hal yang paling dasar adalah mengerti pencahayaan dan diafragma dalam fotografi yang sering dibahas adalah segitiga exposure, yaitu speed, bukaan diafragma, dan ISO. Segitiga exposure ini sangat berpengaruh ketika kamu memotret karena memastikan objek yang di foto tidak under exposure atau over exposure.

 

2. Komposisi dan Angel

Selain mengerti segitiga exposure kamu wajib mengerti komposisi, yaitu menempatkan objek yang kamu foto sebagai point of interestnya dengan memanfaatkan background atau foregroundnya. Hal yang terpenting lainnya juga adalah angle, untuk menjadi seorang fotografer profesional sebaiknya sering mengeksplor foto dari banyak angle, karena dari angle tertentu akan menghasilkan foto yang unik dan memiliki kelebihan dari fotografer biasanya.

3. Kamera dan alat fotografi

Sebagai seorang fotografer wajib memahami fungsi atau tools dari kamera dan alat foto yang digunakan. Salah satu alasan kenapa fotografer profesional memotret cepat dan bagus adalah karena mereka sudah mengenal dan terbiasa dengan kamera dan alat yang digunakan untuk mengambil gambar.

4. Kenali Objek atau Klien

Dari kata pepatah mengatakan jika tak kenal maka tak sayang itu mungkin berlaku juga di fotografi 😁 tapi bukan berarti objek atau modelnya di pacarin loh ya… Maksudnya disini sebaiknya sebelum melakukan foto sesi, perlu dilakukan observasi terlebih dahulu objek atau klien foto untuk mengenal dan memahami yang diinginkan oleh mereka. Sebagai contoh jika kamu memotret pre wedding, pastikan jauh hari sebelum pemotretan kamu sudah melakukan pendekatan untuk mengetahui mood klien mulai dari hobi hingga pekerjaan sehingga sampai terjalin hubungan seperti seorang sahabat atau teman. Karena sebagai fotografer profesional penting membangun cemistry dengan model yang di foto.

5. Manajemen Waktu

Sebagai seorang fotografer penting sekali dapat mengatur waktu dengan baik, karena sangat menentukan kualitas kerja sebagi fotografer. Usahakan apabila menyelesaikan foto atau memberikan file ke klien tidak melewati dari waktu yang telah disepakati. Begitu juga pada saat sesi foto sudah di perhitungkan waktunya sehingga klien dapat mempersiapkan waktu mereka sesuai yang ditentukan.